Tutorial WATTPAD

wattpad-logo

Wattpad_logo.svg

“Tutorial Penggunaan Wattpad (Menggunakan Aplikasi Wattpad di Android)”

Maaf aku kembali memberi spam di sini. Karena kemarin ada yang mengatakan sama sekali tidak tau tentang wattpad atau tidak tau cara membaca di wattpad jadi aku memberikan tutorial penggunaan wattpad. Maaf jika masih ada salah karena ini aku buat sendiri.

  • Yang pertama yaitu langkah dasar untuk membuat akun wattpad.

Download aplikasi wattpad di playstore/googlestore di handphone.

Setelah aplikasi terinstal, langsung saja aplikasinya di buka dan tampilannya seperti ini.

Screenshot_2016-02-10-22-27-33

Setelah itu kita klik tombol facebook untuk bisa masuk melalui facebook.

Screenshot_2016-02-10-22-27-33a

Tunggu sampai login berhasil.

Screenshot_2016-02-10-22-28-19

Setelah login berhasil, kita sudah masuk ke dalam menu utama wattpad seperti di gambar. Nama menu yang dalam lingkaran hitam itu Home.

Screenshot_2016-02-10-23-14-32

Untuk yang kedua menu library, di sana kita bisa memasukan berbagai macam cerita yang akan kita baca

Screenshot_2016-02-10-22-28-39

Ketiga menu Notification, menu ini terbagi dari tiga bagian. Pertama News Feed atau sering di sebut timeline/recent update. Di sini nanti setiap aktifitas akun yang kita follow akan terpampang.

Screenshot_2016-02-10-22-28-47

Bagian kedua yaitu notification, di sini akan muncul notif jika salah satu cerita dalam library kita telah di update dan pemberitahuan tentang komentar yang masuk maupun vote di cerita kita.

Screenshot_2016-02-10-22-28-50

Yang ketiga messages, sama seperti sosial media lainnya aku wattpad menyediakan fitur pesan pribadi. Jadi kita bisa saling mengirim pesan ke sesama pengguna. Meski tidak saling follow.

Screenshot_2016-02-10-22-28-53

Menu terakhir yaitu profil. Di sini adalah dimana kita bisa melihat profil kita sendiri, mengubah dan menyetelnya sesuai keinginan. Menu profil ini juga dibagi tiga, yang pertama itu about.

Screenshot_2016-02-10-22-28-59

Submenu kedua yaitu conversation. Submenu ini bisa dikatakan juga sebagai beranda untuk profil kita, jadi kita bisa mengupdate status lewat submenu ini.

Screenshot_2016-02-10-22-29-02

Yang ketiga activity, di submenu ini akan ditampilkan aktifitas-aktifitas yang telah kita lakukan. Seperti mengomentari sebuah cerita atau memberikan vote.

Screenshot_2016-02-10-22-29-06

  • Setelah memahami konten-konten dalam wattpad, sekarang kita pindah ke cara memasukan cerita ke library dan membacanya.

Pertama kita ke menu home, di bagian kanan atas ada tombol untuk mencari.

Screenshot_2016-02-10-22-28-31

Setelah mengklik tombol tersebut, akan muncul kotak dialog seperti yang digaris bawahi. Disana kita bisa mencari nama dari penulis cerita yang akan kit abaca atau bisa langsung mencari judul ceritanya.

Screenshot_2016-02-10-22-29-16

Dalam contoh kali ini aku akan memberikan contoh untuk mencari akun wattpad ku, hanya cukup mengetik elship_L, hasil pencariannya akan muncul. Setelah itu kita tinggal klik nama elship_L

Screenshot_2016-02-10-22-29-25

Setelah itu, profil elship_L akan muncul seperti gambar. Karena ada FF yang aku private, jadi disarankan untuk memfollow akun saya terlebih dahulu. Tetapi jika tidak ingin memfollow tidak apa-apa, karena cerita lain ada juga yang tidak di private.

Screenshot_2016-02-10-22-29-49

Setelah itu kita ke work, di sana adalah kumpulan cerita-cerita yang telah di buat. Kita hanya tinggal klik salah satu cerita yang akan kita baca, contoh Forced Marriage.

Screenshot_2016-02-10-23-15-43

Setelah muncul tampilan seperti digambar, kita kilk add story untuk menambahkan cerita ke dalam library.

Screenshot_2016-02-10-22-30-13

Setelah itu kita bisa langsung mulai membaca dengan menekan tombol read.

Screenshot_2016-02-10-23-15-49

Tampilan bacanya akan seperti ini, sangat berbeda dengan wordpress. Wattpad ini lebih mirip pada buku digital. Dan kita hanya perlu scroll kebawah untuk membaca ceritanya.

Screenshot_2016-02-10-22-30-36

Jika sudah sampai ke akhir chapter, disana akan ada tiga tombol untuk vote/like, komentar, dan share dibagian akhir halaman.

Screenshot_2016-02-10-22-30-44

Kita hanya perlu menekan tombol bintang sekali untuk memberikan voting, setelah memberi voting kita bisa menekan tombol kedua untuk memberikan komentar.

Screenshot_2016-02-10-22-31-08

Setelah tombol komentar di tekan, akan muncul halaman seperti ini. Kita tinggal menuliskan komentar di kolom yang tersedia dan menekan tombol send untuk mengirimnya.

Screenshot_2016-02-10-22-31-16

Setelah itu postingan terkirim, kita bisa kembali ke halaman cerita.

Untuk melompat ke part selanjutnya, kita hanya perlu scroll sampai halamannya berpindah ke halaman berikutnya.

Screenshot_2016-02-10-22-31-53

Jika ingin mengecek apakah cerita tadi masuk ke library atau tidak, kita bisa langsung kembali ke menu library dan bisa langsung menemukan cerita Forced Marriage.

Screenshot_2016-02-10-22-31-41

Setelah ini kalian bisa berselancar sendiri untuk mencari cerita-cerita yang ingin kalian baca. Di wattpad banyak cerita yang tersedia, mulai dari FF sampai novel-novel terjemahan dengan berbagai macam genre.

Sekian tutorial dari saya, semoga kalian mengerti. Jika ada yang tidak dimengerti silahkan bertanya.

Aku menggunakan aplikasi wattpad di ponsel android. Jika ada yang menggunakan browser membukanya, silahkan bertanya aku akan menjawab secara pribadi.

Maaf merepotkan.
regards2

Advertisements

96 responses to “Tutorial WATTPAD

      • Aku mau upload novelnya ni.. Caranya gimana ya? Upload nya per tema atau satu novel yang udah jadi. baru di upload terus apa sebagai penulis yang sudah punya karya tulis di wattpad dapet uang kaya youtubers?

        Like

      • Uploadnya perchapter, jdi dalam satu work itu bisa berisi banyak chapter, tergantung sbrapa banyak part yg kamu buat…

        Dan tidak, di wattpad smuanya gratis gk ada yg byar, jdi kalau kamu upload novel, tdk ada dpt bayaran apapun. Sebanyak apapun karyamu…semuanya dibaca scara gratis

        Like

    • Wattpad gak banyak makan kuota kok…hampir samalah dgn wordpres, malah wattpad lebih ringan..kalau wordpres loadingnya banyak dan lama jdi harus lancar jaringannya…
      Dicoba aja dulu, kalau memang gak bisa…ya berarti kamu gk bisa baca 😦

      Like

  1. Author mau tanya, meskipun login pakai facebook ttp harus konfirmasi alamat email ya?? Soalnya aku daftar facebooknya pakai nmer hp bukan pakai email…

    Like

  2. Aku bru tau ada aplikasi wattpad ,, bca pnjelasan x aja udah bingung sndri krna belum download ..
    Ga tau juga bsa ap tdak download x ..
    Tp ff kka ynk bru itu d post di wattpad ini kan terus klnjutan My lovely Mr.gay itu di post di wattpad juga kah ?

    Like

    • tidak… MLMG sampai sekarang part terakhir itu masih part 4 belum ada lanjutannya, nnti kalau lanjut akan di share disini juga. Di wattpad hanya forced marriage saja yang aku publish disana dan tidak disini

      Like

  3. Aku bru tau ad aplikasi wattpad ,, bca pnjelasan x aja udah bngung sndiri karna belum download ,, ga tau juga bsa ap kaga download x ..
    Klau x ga slah ff kaka xnk bru tuh d post d wattpad itu kan ya , trus klnjutan My lovely Mr.Gay di post d wattpad itu juga kah?

    Like

  4. Kya x aq skarang ne lagi ga bsa buka wattpad deh , tkut x nanti trlalu bnxak mkan kouta..
    Mau cre kartu dlu ynk bnxk kouta x tpi murah harga x ..hehe

    Like

    • nah kalau nc sebenarnya aku bisa, tapi aku gak mau buat….dosa wae hahaha, kalau menjurus-jurus ke nc yah mngkin bisalah…forced marriage ada ehem-ehemnya juga meskipun cuma dikit dan gk wow

      Like

      • Kalo mikirin dosanya ya jelas memang dosa,, tapi kan ini cuman FF yang lain juga banyak bikin FF NC,, tapi kalo Myungzy kan jarang, bukan jarang lagi malahan gak ada sama sekali, jadi sekali2 bikin FF Myungzy yang NC gak apa2 kan, sekalian bikin terobosan baru gitu pasti hasilnya memuaskan 🙂

        Liked by 1 person

      • Aku udah prnah kan ya bkin nc yg oneshoot…cuma brtahan setahun di blog ini trus aku hapus soalnya gk nahan hahah aku jga malu kalau buat gituan mah….yg semi semi aja deh gk usah bener” nc yaa…

        Like

      • Yahhh kok dihapus sih emang gak nahan kenapa:v mending buatnya jangan diblog, diwattpad aja..
        emm sorry ya bukannya aku maksa atau gimana cuman pengen aja liat FF yg kaya gitu tapi main castnya Myungzy pasti WOW banget apalagi buat myungzy shipper 😊

        Like

  5. Kalo mau post gimana kak? Terus yang bisa di post apa aja? Maksudnya kalo cerita apa harus panjang dan berpart-part. Terus kalo post selain cerita boleh?

    Liked by 1 person

    • kalau mau post cerita kamu coba cek gambar ke-4 di atas, nah dibagian bawah yang teman-temannya tombol home, library, notif sama activity kan ada itu create yang dibagian tengah gambar pensil..klik itu saja nnti akan dimunculkan work baru untuk kamu buat…

      gak harus kok, terserah mau buat apa disana…skrg wattpad sdh ada fitur multimedianya jdi udah bisa masukin gambar dan video dalam postingan..bebas kamuu mau buat apa…

      Like

    • Aku kurang tau juga..soalnya skrg udah jarang baca lewat web, dulu wktu prtama kenal wattpad aku baca di web jga tpi aku bacanya lancar kok…
      Halaman selanjutnya itu maksudnya part selanjutnya ya? Kalau gk bsa kebuka kamu buka satu persatu aja tiap part nya

      Like

    • Ada notifnya gak? Misalnya gak bisa daftar karena begini–
      Sya juga kurang tau masalah gituan, setau saya daftar lewat facebook dan akun email itu bisa.

      Ps : kamu udah pastikan juga kalau kalau milih daftar/sign up kan? Bukan masuk/login.

      Like

    • Kamu bukanya lewat hp atau laptop? Aku biaaa buka dibrowser lewat laptop tinggal discroll kebawah aja..nnti dia bakal loading sendiri…kalau lewat hp biasanya ada tombol dibagian bawah yang bunyinya ‘baca selengkapnya’ kalau gk salah ingat…

      Like

    • Tambah cast gak bisa lewat hp, harus dibuat lewat laptop. Nanti part yang mau ditambahkan cast diedit trus pilih pengaturan bagian kanan atas…nnti disana ada pilihan ‘tambah cast’

      Like

    • Coba tekan follownya sekali aja…trus direfresh tunggu sampe satu atau dua menit…biasanya emang lgi diproses jdi gk bisa langsung berubah jdi following…
      Kalau tetap gk bisa kamu logout trus login ulang.

      Like

  6. Mau Tanya donk kak, q kan create story Dr hp trust update part nya lwt laptop. Pas dicek lagi did hp. Trnyta blm ke update pdhal udah di save. Trus pernah q baru aja nulis cerita baru did hp lama., trust ganti hp setelah take buka wattpad did hp baru cerita yg baru ketulis gak Ada, pdhal udah d save juga. Kira2 knapa ya? Mksih sebelumnya

    Liked by 1 person

    • Coba kamu periksa ulang buka dilaptip, part yg kamu tulis masih ada atau tidak..
      Setau aku mau akunnya dibuka di device manapun kalau udah ada crita yang tersimpan gk bakal berubah isinya

      Like

    • Wattpad lgi bermasalah kayaknya…ada beberapa jga yg gk bisa follow akun lain, coba kamu report ke pihak wattpad aja, blg keluhan kamu kayak apa biar mereka notice dan bsa langsung fix permasalahannya

      Like

    • Wattpad lagi bermasalah mmg…ada bbrapa jg yg gk bsa follow akun lain, jdi tunggu wattpad pulih ya..atau kamu bisa report ke pihak wattpad biar mereka bisa perbaiki masalahnya…

      Like

    • Hai aku balas lagi komentarmu yg ini ya semoga membantu…
      Akun wattpadmu msih blum bsa follow akun lain? Coba kamu crk emailmu sdh di verifikasi atau belum? Kalau blum mngkin itu masalahnya…jdi silahkan verifikasi email yang kmu pake di wattpad–biasanya notifnya muncul dibagian bawah pas kamu buka aplikasinya..semoga berhasil ya~

      Like

  7. Pingback: Published On Wattpad | MyungSooji Fanfic Company

  8. mau tanya dong, kenapa ya kok aku nggak bisa ngirim pesan, nulis status atau nulis di wall orang? waktu aku ngirim pesan yang ada hanya tulisan “percakapan telah dinonaktifkan pada profil ini”. itu kenapa yah? ada yang tau?

    Liked by 1 person

    • Oh saya kurang tau masalah itu, kalau prediksiku sprtinya akun kami di blokir sama akun yg ingin kamu kirimkan pesan…tpi itu cuma prediksiku…tpi bisa jadi juga itu krena wattpad lagi error, kamu report ke pihak wattpad dulu, blg masalah yg kamu alami..biar mreka bisa memeriksanya

      Like

  9. Gimana ya, cara ngubah bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia di dalam novelnya? Saya baru coba download app wattpad, jdsaya masih tdk terlalu mengerti cara mengubah bahasanya…

    Like

    • Maaf, wattpad tidak punya fitur penerjemah isi cerita. Jadi crita yg menggunakan bahasa inggris gk bisa diubah”, bgitupun sebaliknya–yg bahasa indonesia gk bisa di terjemahkan ke b.inggris.

      Kamu bisa filter pencarianmu agar yg muncul hanya novel” berbahasa indonesia di setting

      Like

  10. Oak saya mau tanya,

    Jadi Saya kerap Kali melakukan kesalahan. Saya baru bergabung di wattpad
    Jadi saya sering sekali langsung publish cerita. Kemudian stelah saya baca ulang, ternyata banyak typo. Kemudian saya edit dan simpan lagi. Kemudian saya baca ulang ternyata masi ada yg typo alhasil saya edit kmbali. Nah itu bakal muncul di notif org uang udh nyimpen cerita kita di perpustakaan mereka ga? mohon sekali atas bantuannya.

    Like

    • Gak dong…yg hilang uname lama kamu aja, keganti dg uname baru
      Jdi org” yg taunya uname lama kamu gk bakal bisa nyari uname mu itu krena sudah terganti, tapi work tetap ada, kalaupun dicari judul worknya juga ada

      Like

  11. kak mau tanya nih.. kan aku add cerita yg blum selesai, trus ada notif part trbaru tp ps dcek di libray part itu blum ada diceritanya.. gimana cra updatenya? ini wattpadnya udh versi terbaru jd agak bingung buat updatenya. mhon bntuannya kak
    terima kasih..

    Liked by 1 person

    • Kamu coba refresh wattpadmu, buka ulang critanya dari work authornya kalau masih gk bisa ada kemungkinan part itu di unpublish sama authornya.

      Like

  12. kak, mau nanya
    aq kan udah follow akun authornya, trus ama authornya diprivate jadi aq gag bisa buka lagi. Padahal udah follow.
    Tapi di email q notif author itu sering muncul tiap kalo update padahal kalo search author maupun cerita dia, gag pernah bisa ketemu.
    Gimana ya caranya bisa follow lagi?

    Liked by 1 person

    • Kalau cerita yg di private, selepas kamu follow critanya akan kelihatan setelah di refresh.

      Kalau kamu cari akun authornya terus gk ketemu itu cuma ada dua kemungkinan, pertama dia ganti nama, kedua dia tutup akun…

      Like

  13. kak mau tanya itu kalo kita publish ff kan dibawah judul ff kita ada 3 logo, yg pertama itu mata, kedua bintang, ketiga tumpukan buku.

    maksudnya apa ya?

    Like

    • Kalau mata itu jumlah viewers, jdi berapa kali critamu di baca nnti keliatan di sana, kalau bintang jumlah vote/like, kalau tumpukan garis atau buku yg sprti kamu bilang itu jumlah chapter yg sdh dipublish

      Like

  14. Misi mas mau nanya. Itu kalok nyari cerita kok yg kluar yg bhs inggris ya?
    Mesti kalok milih genre misal action/adventure mesti yg kluar inggrisan -_-
    Gmn ya mas biar mdh nyari cerita yg indonesiaan

    Like

  15. hallo authornim..
    aku gak tau kamu masih aktif di blog ini ato nggak.. tapi berharap dibaca sih..
    Ceritanya aku baru-baru ini aktif di wattpad dan nemuin ff myungzy dan setelah baca aku suka..
    aku mau lanjut nge-follow tapi gak bisa dan waktu baca-baca dari notif dia kayaknya aku masuk ke daftar blokir..
    Jadi aku nanya mbah google dan nemu blog ini DAN lucunya ternyata akun wattpad yang mau aku follow tapi gak bisa itu ternyata milikmu….
    aku udah coba kirim pesan lewat wattpad tapi gak bisa terkirim..
    Jadi kalo kamu baca ini aku mau minta tolong supaya aku gak di blokir. Banyak ff kamu yang mau aku baca tapi di private.. Janji gak bakal ngasih komentar ranjau.
    nama akun-ku ”mychocolateff”.. ditunggu responnya..
    thankyou..
    sorry banyak bacotnya hehe ^^

    Liked by 1 person

    • Whahah kamu kena blokir ya? Ya ampun…brarti kamu ngasih komen yg gak aku suka tuh :”)
      Aku bisa buka blokirnya tpi janji jgn komen minta ‘next aja’ ya…kalo keberatan buat kasih komen, gk usah dikomen jg gk papa (ini serius)..vote aja udah cukup 😂 dripada kena blokir kan ya?

      Ntar aku cek dlu usernamemu ya..smoga nemu~

      Waduh sampe dibela”in ke wordpress ya hihi 🙏🙏🙏 maapin daku yg jahat ini 😅

      Like

Give Your Feedback Please

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s